Pemanfaatan Media Digital dalam Upaya Peningkatan Literasi Bahasa Indonesia
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan bahasa, baik dalam konteks komunikasi maupun pembelajaran. Perubahan ini menuntut adanya inovasi dalam pengembangan literasi bahasa Indonesia agar tetap relevan dengan kebutuhan generasi digital sekaligus memperkuat identitas kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan efektivitas pemanfaatan media digital dalam peningkatan literasi bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka terhadap berbagai artikel ilmiah, laporan kebijakan, dan praktik literasi digital di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital seperti buku-el, aplikasi pembelajaran interaktif, podcast, blog, dan kanal YouTube edukatif memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca, menulis, serta berpikir kritis masyarakat. Diskusi hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan ini sejalan dengan beberapa studi terdahulu yang menyoroti peran teknologi dalam pendidikan bahasa, namun penelitian ini menambahkan perspektif baru melalui analisis terhadap dimensi interaktif dan partisipatif media digital dalam membentuk ekosistem literasi yang kolaboratif dan adaptif. Dengan demikian, novelty penelitian ini terletak pada pemaknaan media digital bukan sekadar alat bantu pembelajaran, melainkan instrumen strategis dalam penguatan literasi bahasa Indonesia di era globalisasi digital.
Kata kunci: Literasi Bahasa Indonesia, Media Digital, Inovasi Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Dewi, A. C. (2024). Rancangan Strategis Pemantapan Literasi Membaca Di Sekolah Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 47–53. https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i2.469
Kwok, V. H. W. (2023). Language Learning in the Digital Age: YouTube and Learners of English as a Foreign Language. Cambridge Scholars Publishing.
Muhammad, G., Sobarna, A., Safitri, N., Faujiah, C. S., & Putri, R. V. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Keuangan Siswa SMP Negeri 01 Tanjungsiang Menuju Generasi Melek Teknologi dan Finansial. Beujroh: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 423–438. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i3.207
Citra, A., Dalam Novel, P., Cahaya, ", Pagi, M., Karya, ", Sardjono, M. A., Noviyanti, W. D., & Nusivera, E. (n.d.). Analisis Citra Perempuan dalam Novel. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Asti Widiastuti, Farina Trias Alwasi, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Upaya Mempertahankan Kebudayaan Di Tengah Kemajemukan Masyarakat Indonesia. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.192
Raflesia, C., Maharani, T., & Maharani, T. (2023). PENGARUH LITERASI BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2), 2715–1913. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.6446
Fridella, A., Br Sitepu, A., Nadiva, Y., Sihotang, O., Syaharani, R. S., Sinaga, H., Priskila, Y., & Tansliova, L. (2024). Membangun Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Indonesia: Strategi Dan Tantangan Di Era AI. https://jipipi.org/index.php/jipipi30Situswebjurnal:https://jipipi.org/index.php/jipipi
Setia, Y., Kharisti, K. A., Hauteas, G. H., & Rahayu, C. C. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Pengembangan Karakter Anak Melalui Bercerita di Lembaga PAUD di Gang Dolly. Share: Journal of Service Learning, 10(1), 17–26.
Astutik, R. P., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Upaya Pembiasaan Literasi Membaca Pada Anak TK B Melalui Perpustakaan Mini. Seminar Nasional" Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan".
Trudell, B. (2022). Language and literacy development in the digital age. Cambridge University Press.
Silviah, R. (2024). Dampak Literasi Digital: Kepercayaan Publik, Partisipasi Politik dan Media Sosial (Literature Review Ilmu Sosial dan Politik). Jurnal Greenation Sosial Dan Politik, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.38035/jgsp.v2i1.191
Ashila, L., Prasetyo, T., & Hayu, W. R. R. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(2), 231–239. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i2.1279
Sitepu, A. F. A. B., Sihotang, Y. N. O., Syaharani, R. S., Sinaga, H., & Tansliova, L. (2025). Membangun Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Indonesia: Strategi dan Tantangan di Era Ai. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 30–35. https://doi.org/10.31004/6c4g1q93
Warsito, B., Muharam, H., Hakim, A. R., Fatmawati, E., Heriyanto, H., & Prasetyawan, Y. Y. (2023). Pengukuran Pembudayaan Kegemaran Membaca: Kajian Survei Indeks Kegemaran Membaca Kota Salatiga Tahun 2022. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 25(2), 145–160.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suryansyah, M. D., & Hasanah, S. M. (2024). Strategi penguatan literasi digital untuk meningkatkan mutu pembelajaran di MTSN 2 Kabupaten Kediri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 260–270. https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i2.p260-270
Nasrullah, R., Asmarini, P., Solihah, A., Maryanto, M., Nugroho, M., & Riswara, Y. (2024). Risalah kebijakan nomor 3, April 2024: Memperkuat literasi Indonesia: menuju bangsa yang Maju dan bermartabat.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2019.07.039
Sutton, J., & Austin, Z. (2015). Qualitative Research: Data Collection, Analysis, and Management. The Canadian Journal of Hospital Pharmacy, 68(3). https://doi.org/10.4212/cjhp.v68i3.1456
Xiao, Yu, & Watson, Maria. (2017). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Simamora, H., Joy Stevani Simangunsong, Sartika Sartika, Larista Larista, Josua panjaitan, & Fitriani Lubis. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia. Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 158–163. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.126
Thomas, P. B., Hogan-Taylor, C., Yankoski, M., & Weninger, T. (2021). Pilot study suggests online media literacy programming reduces belief in false news in Indonesia. ArXiv Preprint ArXiv:2107.08034.
Jadidah, I. T., Canavallia, B. G., Anggraini, E. A., Anjani, A. P., & Awaliyah, A. N. (2023). Analisis dampak penggunaan media sosial terhadap pengetahuan kosakata bahasa indonesia dan kosakata bahasa asing di kalangan siswa sekolah dasar. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01), 74–83. https://doi.org/10.62668/jimr.v2i01.635
Salindri, L., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Pembelajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital pada Era Society 5.0. Indonesian Journal of Education and Learning, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1250
Setyawatira, R. (2009). Kondisi minat baca di Indonesia. Media Pustakawan, 16(1 & 2), 28–33.
Komdigi. (2020). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. https://www.komdigi.go.id/berita/pengumuman/detail/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos
Sukmadewi, N. K. D., & Meli, M. (2023). Implementasi Media Literasi Digital Dalam Memotivasi Kebiasaan Kebiasaan Membaca Bagi Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Sumerta Denpasar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 493–503. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3406
Juditha, C. (2019). Agenda setting penyebaran hoaks di media sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2).
Khoirunnisaa, A., Aldani, V., Alwi, N. A., & Syam, S. S. (2025). Dampak Media Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia di SDN 10 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 59–66. https://doi.org/10.33096/didaktis.v3i2.912
Rizal, J. G. (2021). Melihat Rencana Pengembangan Sipebi, Aplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa Indonesia. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/20/073300165/melihat-rencana-pengembangan-sipebi-aplikasi-penyuntingan-ejaan-bahasa?page=all
Nugroho, A. (2024). Transformasi digital dalam pendidikan bahasa Indonesia. Pustaka Edukasi.
Brata, W. W. W., Padang, R. Y., Suriani, C., Prasetya, E., & Pratiwi, N. (2022). Student’s Digital Literacy Based on Students’ Interest in Digital Technology, Internet Costs, Gender, and Learning Outcomes. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 17(03), 138–151. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i03.27151
Wijayati, H., Murdani, A. D., & Haqqi, H. (2025). Gerakan Cinta Literasi bagi Remaja untuk Mendukung Budaya Berpikir Kritis. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1891–1901.
Pradana, Y. (2018). Atribusi kewargaan digital dalam literasi digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2).
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. John Wiley.
Buckingham, D. (2010). Defining Digital Literacy. In B. Bachmair (Ed.), Medienbildung in neuen Kulturräumen: Die deutschprachige und britische Diskussion (pp. 59–71). VS Verlag für Sozialwissenschaften. https://doi.org/10.1007/978-3-531-92133-4_4
Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital literacy among children in elementary schools. Diakom, 3(2), 157–170.
Susanti, E., & Astuti, Y. (2024). Analisis Strategi Peningkatan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Gema Pustakawan, 12(1), 15–25.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(3).362-372
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats













