Pengaruh Metode PQRST Dalam Keterampilan Pemahaman Membaca Teks Biografi Pada Kelas X di SMK Bina Karya 2 Karawang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi peserta didik SMK Bina Karya 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Desain quasi eksperimen yaitu Nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas X SMK Bina Karya 2 Karawang. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X SMK Bina karya 2 Karawang yang berjumlah 50 orang. Data dalam penelitian ini merupakan skor keterampilan membaca teks biografi sebelum dan sesudah menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas X di SMK Bina karya 2 Karawang. Hasil penelitian pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakukan tetap menggunakan metode konvensional peserta didik memperoleh nilai rata-rata 65.60 ,sedangkan kelas eksperimen yang diberikan perlakukan dengan diterapkannya metode PQRST memperoleh nilai rata-rata 87.40. Hasil analisis data yang telah dilakukan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen sampel tes pada taraf siginifikansi (sig) 50% menunjukkan bahwa penggunaan metode PQRST memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi dengan thitung 0,01 > ttabel. uji N-gain dengan memperoleh kelas eksperimen dengan nilai rata-rata N-gain score yaitu 0,6174 dilihat dari kriteria Gain ternormalisasi masuk dalam kategori sedang, sementara itu pada perhitungan N-gain persen yaitu 61.7413 atau 61,7% masuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan metode PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi peserta didik kelas X SMK Bina Karya 2 Karawang.
References
Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Retika Aditama.
Adiputra, R. D. (2023, Desember 11). PISA 2022 dan Refleksi Pendidikan Indonesia. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/12/10/pisa-2022-dan-refleksi-pendidikan-Indonesia
Aswat, H., & G, A. L. N. (2020). ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYABACA ANAK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
B. P. S. (t.t.). Angka Buta Aksara Menurut Provinsi dan Kelompok Umur—Tabel Statistik. Diambil 14 Maret 2024, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyIzI=/angka-buta-aksara-menurut-provinsi-dan-kelompok-umur.html
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Raja Grafindo Persanda.
Gumilar, S. I., & Aulia, F. T. (2021). Buku Panduan Guru Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Muhsyanur. (2014). Membaca ( Sutau Keterampilan Berbahasa Reseptif). Buginese ART.
Nigrum, S. O., Sartika, R., & Fitri, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PQRST (PREVIEW,QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) ERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS XI SMA SEMEN PADANG TAHUN AJARAN 2022/2023. 02(02).
Subadiyono. (2014). Pembelajaran Membaca. Noer Fikri Offset.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA, cv.
Trisdiono, H. (2015). PQRST: METODE MEMBACA EFEKTIF.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(3).%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats