Hubungan Kreativitas Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Keaktifan Siswa Kelas III MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2015/2016

Laelatul Badriah, Rani Ayu Sholicha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dan lingkungan belajar terhadap keaktifan siswa kelas III. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan desain penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas III dan seluruh siswa kelas III. Teknik acak yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah teknik acak sederhana (simple random sampling) dengan sistem undian. Sampel penelitian diambil sebanyak 50% dari jumlah populasi dari seluruh siswa, sehingga hasil dari pengambilan sampel tersebut sejumlah 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angketdan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial, dalam analisis inferensial menggunakan korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis korelasi variabel x dan y menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kreativitas guru dan lingkungan belajar terhadap keaktifan siswa dalam kategori cukup kuat. Hasil tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi antara R_(y . x_(1 ).x_2 ) sebesar 0,450 pada taraf signifikan 5% dengan sampel sebanyak 55 siswa. Nilai r hitung > nilai r tabel yaitu 0,450 > 0,266 pada taraf signifikansi 5% dengan kategori cukup kuat.

Full Text:

PDF

References


A Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius

Ali Imron. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia.Jakarta: Pustaka Jaya

Anas Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Bahasa

http://bahasamahasiswa.blogspot.co.id/2011/01/undangundangsisdiknas-sistem.html,diunduh pada hari selasa 01 september pukul 11:40

Cece Wijaya. 1988. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: RemajaKarya

Chalijah Hasan. 1994. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al Ikhlas

Debdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Devamelodica. 2012. Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa, http://devamelodica.com/contoh-proposal-skripsi- pendidikan-pengaruh-lingkungan-sekolah-

peran-guru-dalam-proses-pembelajaranterhadap-motivasi-belajar-siswa, diunduh Minggu, 3 Oktober 2015

E Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Irwanto. 2012. Komputasi Data Statistik Untuk Penelitian, (Pengolahan dan Analisis Data Penelitian dengan Ms Excel dan SPSS.Yogyakarta: CV Budi Utama

Iskandara Agung. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni

Peter Salim dan Yeni Salim. 1991. Kamus Besar Kontemporer, Edisi Pertama. Jakarta: Modern English Press

Riduwan dkk. 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sardiman. 2007. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahastya

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali

___________. 2010. Prosedur Penelitian Ilmiah Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka

Cipta

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka

Cipta

Udin Syaefudin Saud. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Utami Munandar. 1986. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah; Petunjuk BagiPara Guru

dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia

Wiji Sumarno. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Zakiyah Darajat, dkk. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).24-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats