Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi

Rima Aksen Cahdriyana, Burhanudin Arif Nurnugroho

Abstract


Jeda waktu antara paparan representasi yang berbeda (dari konkret ke simbolik) akibat penggunaan media konkret/maniputaif dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi. Begitu juga dengan beban kognitif yang dialami siswa saat menggunakan multimedia berbasis komputer, jauh lebih besar dibandingkan jika siswa menggunakan media Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan multimedia pembelajaran matematika berbasis AR untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian survei pendidikan. Subjek penelitian terdiri atas 11 guru matematika di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan yang terdiri atas 13 pertanyaan. Pengolahan data dilakukan dengan mengumpulkan jawaban subjek dari pengisian angket melalui google form, menghitung persentase jawaban, menganalisa hasil persentase jawaban, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) sebagian besar guru sering mengalami kesulitan dalam membelajarkan materi bangun ruang sisi datar; (2) sebagian besar guru menemukan bahwa siswanya mengalami kesulitan dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar; (3) sebagian besar guru matematika belum pernah menggunakan multimedia pembelajaran berbantuan Augmented Reality; (4) sebagian besar guru belum mengajarkan matematika dengan mempertimbangkan keterampilan di era 4.0; (5) sebagian besar guru belum pernah menggunakan aplikasi AR berbasis keterampilan berpikir komputasi; dan (6)  semua guru matematika sangat membutuhkan inovasi multimedia pembelajaran untuk mengajarkan materi bangun ruang sisi datar dengan Augmented Reality. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan perlunya pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang sisi datar untuk mengembangkan salah satu keterampilan di era 4.0 yaitu keterampilan berpikir komputasi.

Kata Kunci: Augmented Reality, Berpikir Komputasi, Matematika, Multimedia


Full Text:

PDF

References


A, Özerem, Misconceptions in geometry and suggested solutions for seventh grade students, (Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 55, 2012)

Abdullah, A. A., Richardo, R., Rochmadi, T., Wijaya, A., & Nurkhamid, N. The Use of Ethnomathematics Learning Media Based on Augmented Reality for Madrasah Students, (AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, Vol. 14 nomor 1, 2022).

Aditya, P. T. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII, (Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, Vol. 15 nomor 1, 2018)

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. (Perspektif ilmu pendidikan, Vol. 32 Nomor 1, 2018)

E. G. de Ravé, F. J. Jiménez-Hornero, A. B. Ariza-Villaverde, and J. Taguas-Ruiz, DiedricAR: a mobile augmented reality system designed for the ubiquitous descriptive geometry learning, Multimedia Tools and Applications, vol. 75, nomor. 16, 2016).

E. İbili, M. Çat, D. Resnyansky, S. Şahin, and M. Billinghurst, An assessment of geometry teaching supported with augmented reality teaching materials to enhance students’ 3D geometry thinking skills, (International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, vol. 51, nomor. 2, 2020).

Effendi, M. J., & Yusmiarti, K. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada PAUD TK Bunaya, (Jurnal Informatika, Vol 10 Nomor 1, 2021)

H. C. K. Lin, M. C. Chen, and C. K. Chang, Assessing the effectiveness of learning solid geometry by using an augmented reality-assisted learning, (system Interactive Learning Environments, vol. 23, nomor. 6, 2015).

Hazarida, R., Deswita, H., & Richardo, R. Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Hilir, (Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, Vol. 1 Nomor 1, 2015).

J. Carmigniani, and B. Furht, Augmented Reality: An Overview, (In: Furht, B. (eds) Handbook of Augmented Reality), (New York:Springer, 2011)

M. Alagic, Technology in the mathematics classroom: Conceptual orientation, (Journal of Computers in mathematics and Science Teaching, vol. 22, nomor 4, 2003.

M. L. Hamzah, F. Rizal, and W. Simatupang, Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device, (International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 15, nomor. 12, 2021)

Maryani, D. Pembuatan media pembelajaran interaktif bangun ruang matematika. (Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, No.6 Volume 2, 2013).

Nugraha, M. Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran, (Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan No.4 Volume 1, 2018).

R. M. Keesing, Theories of culture, (Annual review of anthropology, vol. 3, 1974)

Retnowati, E. Keterbatasan memori dan implikasinya dalam mendesain metode pembelajaran matematika. (In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2008).

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory, (Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21 Nomor 1, 2021).

Sholikhah, O. H., & Pradana, L. N. Geometri untuk Pendidikan Dasar. (Magetan : CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2018).

Sweller, J. Element interactivity and intrinsic, extraneous andgermane cognitive load, (Educational Psychology Review,Vol 22, 2010)

W. Widada, K. U. Z. Nugroho, and G. A. Pambudi, The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics, (In Journal of Physics: Conference Series, vol. 1318, 2019)

Wahdah, N., Sukirwan, S., & Pamungkas, A. S. Pengembangan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggkonstruksian Volume Bangun Ruang, (Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 3 Nomor 2, 2020)

Wulandari, N., Adha, E. H., & Setiaji, B. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Optika Geometri, (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, Vol. 4, Nomor 1, 2022).

Wardani, S. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak, (Jurnal Teknologi, Vol 8, nomor 5, 2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).9-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats