Pengembangan Laboratorium Virtual Praktik Elektroplating Sebagai Media Pembelajaran Kimia di Pendidikan Tinggi Vokasi

Ida Ayu Anom Arsani, Ida Bagus Putra Manuaba, I Ketut Darma

Abstract


Keterbatasan sarana dalam pembelajaran kimia dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan kurang maksimal, sehingga penting untuk melakukan inovasi untuk keterbatasan laboratorium tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa laboratorium virtual untuk kegiatan pembelajaran praktikum kimia. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan teknik mesin, program studi teknik pendingin dan tata udara serta program studi teknologi rekayasa utilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model Lee & Owens, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Need Assessment/Analysis , (2) Instructional Design , (3)Pengembangan dan Implementasi , dan (4) Evaluasi . Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data terhadap hasil validasi isi dan media diperoleh nilai 89,13% dan 87,50%, yang dapat diinterpretasikan sangat valid atau tidak perlu dilakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan. mahasiswa memberikan respon positif yakni 76,28%, terhadap implementasi laboratorium virtual sebagai media pembelajaran kimia.


Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaluddin, Membangun Kompotensi Manusia dalam Milenium Ke Tiga, Psikologika, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, Nomor: 6 Tahun III, (Yogyakarta: UII Press, 1998)

Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekontruksi dan Demokratisasi, (Jakarta: Kompas, 2006)

Efendi, A. Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia, (Jurnal el Tarbawy No.I Volume 1, 2008)

Faruqi, Ismail Razi al, Islamization of Knowledge: Problems, Principles and Prospective dalam Islam: Source and porpuse of knowledge (Proceedings & Selected Papers of the Second Conference on Islamization of Knowledge 1402H/1982 AC), (International institute of Islamic Thought, 1998)

Karim, M. Rusli, Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pembebasan Manusia, dalam Buku: Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta (ed. Muslih Usa), (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005) Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Usa, Muslih, Pendidikan Islam di Indonesia; Antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991)




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(2).118-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats