Pola Asuh Ibu-ibu Pekerja Pabrik (IiPP) dalam Membina dan Mendidik Religiusitas Anak (Studi Kasus di Desa Ketitang Jawa Tengah)

Maragustam Siregar, Fira Nisa Rahmawati

Abstract


Abstrak

Wanita karier memiliki banyak peran, anatara lain sebagai ibu rumah tangga, sebagai pendidik anak-anaknya,  dan sebagai pencari nafkah. Bahkan dalam pendidikan religiusitas anak, ibu lebih dominan daripada peran ayah. Penelitian ini akan menjawab   pola  asuh  yang  Ibu-ibu Pekerja Pabrik (IiPP) lakukan dalam membina dan mendidik religiusitas  anak; dimensi religiusitas apa yang IiPP bina,  dan faktor-faktor yang terlibat dalam pembinaan religiusitas anak. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan fenomenolgi dan naturalistik. Penentuan subyek dengan metode  purposive  dan snowball sampling.  Pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah; koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penyimpulan data. Hasil penelitiannya IiPP menggunakan pola asuh tipe permisif dan authoritative. Dimensi religiusitas yang IiPP lakukan terbatas pada tiga dimenasi yakni  ritual/peribadatan, ideologi/keyakinan, dan eksperiensial/pengalaman. Faktor pendukung suksesnya IiPP menerapkan pola asuh dalam membina religiusitas anak adalah keluarga dekat dan keluarga jauh, mertua, pengelola TPA, dan lingkungan masyarakat yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya ialah peran ganda IiPP, anak-anak bermain gadget tanpa batas waktu, dan IiPP sendiei kurang pengetahuan agamanya.

Kata kunci: Ibu-ibu pekerja pabrik, religusitas, pola asuh, dan dimensi keagamaan

 

Abstract

Career women have many roles, among others as housewives, as educators of their children, and as breadwinners. Even in a child's religious education, the mother is more dominant than the role of the father. This research will answer the parenting that Factory Workers Mothers (IiPP) do in fostering and educating child religiosity; what dimensions of religiosity iiPP fosters, and the factors involved in fostering child religiosity. This type of research is qualitative with phenomenology and a naturalistic approach.  Determination of subyek by purposive method and snowball sampling. Data collection uses observations, interviews, and documentation. The analysis technique uses  Miles and Huberman models with steps; data collection, data reduction, data presentation, and data verification/inference. The results of his research IiPP  used permissive and authoritative type parenting. The dimensions of religiosity that iiPP does are limited to three dimensions, namely ritual/worship, ideology/belief, and experiential / experience. Factors supporting the success of IiPP implementing parenting in fostering child religiosity are immediate families and distant families, in-laws, landfill managers, and a conducive community environment. While the inhibiting factor is the dual role of IiPP, children play gadgets indefinitely, and IiPP sender lacks religious knowledge.

Keywords: Factory worker mothers, religiosity, parenting, and religious dimensions

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534

Ahmad, A. & Noor Salim. (2008).

Abu Ahmad dan Noor Salim, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm. 202. Bumi Aksara.

Baumrind, D. (2005). Patterns of parental authority and adolescent autonomy. New Directions for Child and Adolescent Development, 2005(108), 61–69. https://doi.org/10.1002/cd.128

Bawai, I. (1985). Pengantar Ilmu Jiwa Perkembangan. PT. Bina Ilmu.

Brooks, J. (2011). The Process of Parenting. McGraw.

Cabrera, N. J., Fitzgerald, H. E., Bradley, R. H., & Roggman, L. (2014). The Ecology of Father‐Child Relationships: An Expanded Model. Journal of Family Theory & Review, 6(4), 336–354. https://doi.org/10.1111/jftr.12054

Elfiky, I. (2009). Terapai Berpikir Positif. Zaman.

Fatakh, A. (2018). Wanita Karir dalam Tinjauan Hukum Islam. Mahkamah : Jurnal Kajian Hukum Islam, 3(2), 158–175. https://doi.org/10.24235/mahkamah.v3i2.3261

Fellasari, F., & Lestari, Y. I. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja. Jurnal Psikologi, 12(2), 84–90. https://doi.org/10.24014/jp.v12i2.3234

Glock, C. Y., & Rodney Stark. (1965). Religion and Society in Tension. Rand McNally and Company.

Grazuleviciene, R., Andrusaityte, S., Petraviciene, I., & Balseviciene, B. (2017). Impact of Psychosocial Environment on Young Children’s Emotional and Behavioral Difficulties. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(10). https://doi.org/10.3390/ijerph14101278

Gunarsa, S. D. (2007). Psikologi Remaja. Gunung Mulia.

Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265–282.

Hurlock, E. B. (1980a). Perkembangan Anak. Erlangga.

Hurlock, E. B. (1980b). Psikologiperkembangan ,Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Khodijah, N. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KULTUR ISLAM MELAYU (STUDI TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA, DAN PENGARUHNYA TERHADAP RELIGIUSITAS REMAJA PADA SUKU MELAYU PALEMBANG). Tadrib, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1949

Krause, P. H. & Tahlia M. Dailey. (2009). Handbook of Parenting, Styles, Stresses and Strategies. Nova Science Publisher INC.

Machmud, H. (2013). Pengaruh pola asuh dalam membentuk keterampilan sosial anak. Al-MUNZIR, 6(1), 130–138.

Maragustam. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. FITK UIN Sunan Kalijaga.

Najib, M. A. (2018). KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBINAAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMA. Jurnal Tawadhu, 2(2), 556–571.

Rapini, T., & KRISTIYANA, N. (2013). DAMPAK PERAN GANDA WANITA TERHADAP POLA ASUH ANAK (STUDI PADA WANITA PEGAWAI LEMBAGA KEUANGAN PERBANKAN DI PONOROGO). Jurnal Ekuilibrium, Volume 11, Nomor 2, Maret 2013, 11(2), 62–69. https://doi.org/10/2/Dampak%20Peran%20Ganda%20Wanita.pdf

Sahlan, A. (2010). Mewujidkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dan Teori ke Aksi. UIN Press.

Sari, M., & Rahmi, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua pada Anak Balita di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. JOURNAL OF HEALTHCARE TECHNOLOGY AND MEDICINE, 3(1), 94–107. https://doi.org/10.33143/jhtm.v3i1.262

Supsiloani, S. S., Puspitawati, P. P., & Hasanah, N. (2015). Eksistensi Taman Penitipan Anak dan Manfaatnya bagi Ibu Rumah Tangga yang Bekerja (Studi Kasus di TPA Dharma Asih Kota Medan). JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 7(2), 119–124. https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i2.3117.g4495

Toha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Uba, I., Hassan, S. A. B., Mofrad, S., Abdulla, R., & Yaacob, S. N. (2012). Redefining social competence and its relationship with authoritarian parenting. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1876–1880.

Wahyudi, R., Suharso, P., & Sukidin, S. (2019). PERAN GANDA PEREMPUAN PADA HOME INDUSTRY BIJI PLASTIK SOFI JAYA DI KELURAHAN POHSANGIT KIDUL KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 41–48. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.13855

Wiratri, A. (2018). MENILIK ULANG ARTI KELUARGA PADA MASYARAKAT INDONESIA. Jurnal Kependudukan Indonesia, 13(1), 15–26. https://doi.org/10.14203/jki.v13i1.305

Yusuf LN, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats