Kepuasan Pasien Umum dan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit (RS) X Wilayah Bantu
Abstract
Penggunaan obat dengan peresepan merupakan hal yang penting dalam pelayanan kesehatan untuk tercapainya terapi pengobatan dan kepuasan pasien. Apoteker harus melakukan pengkajian resep sesuai persyaratan administrasi, persyaratan farmasetik, dan persyaratan klinis baik untuk pasien rawat inap maupun rawat jalan. Pelayanan kefarmasian didefinisikan sebagai kegiatan terpadu yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Kepuasan pasien didapatkan dari apa yang dirasakan pasien sebanding atau lebih besar dari harapan mereka. Bila kinerja dibawah harapan, pasien akan sangat kecewa, sebaliknya jika kinerja sesuai harapan pelanggan akan sangat puas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisis kualitas pelayanan kefarmasian berdasarkan pola peresepan dan tingkat kepuasan pasien BPJS dan umum di RS X. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen berupa deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional pada pasien BPJS dan umum dengan analisa data analisis gap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian pada RS X Wilayah Bantul memiliki kualitas sedang (53,8%). Hasil kepuasan terhadap pelayanan tersebut adalah tidak terdapat nilai rata-rata gap yang berbeda antara pasien BPJS (-0,4) dan umum (-0,4). Gap terbesar dimiliki oleh pasien BPJS yakni -0,62 pada aspek ketanggapan, dan pada pasien umum ditemukan gap terbesar ada pada aspek jaminan yaitu sebesar -0,56. Kesimpulan dari penelitian ini adalah RS X Wilayah Bantul memiliki kualitas sedang dan pasien merasa belum puas akan kualitas tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Peraturan Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.; 2016.
Mariana, Dessy & Fitriani, Arifah & Maryanti, Endang. The Influence of Pharmaceutical Installation Services Quality on Outpatient Satisfaction at Malahayati Islamic Hospital Medan in 2023. 2024;7.122-129. 10.32832/pro.v7i1.595.
Yustina EW, Esem O, Siregar RA. Prinsip-Prinsip Hak Asasi Manusia Dalam Pelayanan Kesehatan Dan Perlindungan Hak Kesehatan Bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa. 2020.
Ariati ALi, Kartinah N, Difa Intannia D. Gambaran Penggunaan Obat Off-Label Pada Pasien Pediatrik Rawat Jalan Di RSUD Ulin Banjarmasin Periode Januari-Desember 2013. Jurnal Pharmascience. 2015;58(1):58-64.
Oguz SS, Kanmaz HG, Dilmen U. Off-label and unlicensed drug use in neonatal intensive care units in Turkey: the old-inn study. Int J Clin Pharm. 2012; 34:136-141.
Risang Reformaty M.Saleh M. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Raway Inap Di RSUD Dr. H., Chasan Boesoirie Ternate. Universitas Alma Ata; 2023.
Warnida H, Pertiwi SP, Syamsul ES. Kinerja dan Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Baqa di Kota Samarinda. Published online 2021. doi:https://doi.org/10.51352/jim.v7i2.447
Ramli R. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan di puskesmas Teppo Kabupaten Pinrang. Hibualamo Seri Ilmu-ilmu Alam dan Kesehatan. 2018;2(2):69-77.
Batubara AR. Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. Jurnal Rekam Medic. 2021.
Susanto FH, Simbolon NI, Monica E. Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia). 2021;18(1):10. doi:10.30595/pharmacy.v18i1.5451
Hidayah N, Sitepu N, Hilda, Masniah, Ulina K. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di UPT Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako). 2023;9(1):27-35.
Sutopo E, Sudarwati, Istiqomah. Pengaruh Manajemen Mutu dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Kabupaten Karanganyar. Edunomika. 2019;03(01):159-167.
Gobel N. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education. 2022;2(2):110-116. doi:10.37311/ijpe.v2i2.13989
Siagian NS. Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. STIKES IKIFA; 2021. https://digilib.ikifa.ac.id/index.php?p=showdetail&id= 3581&keywords=
Dumanauw JM, Sasi L, Maramis RN, Rintjap DS, Tangka J. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah Sele Be Solu Kota Sorong. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Manado XXII Tahun 2023. Published online 2023:260-268.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/inpharnmed.v8i2.5229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN 2580-7269 (online), ISSN 2580-6637 (print).
Alma Ata University Press,
Jl. Brawijaya no.99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.