Analisis Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Pendekatan SWOT di Apotek YK Yogyakarta
Abstract
Apotek YK Yogyakarta merupakan fasilitas kesehatan khususnya swamedikasi bagi masyarakat setempat. Apotek YK Yogyakarta tentunya harus memiliki strategi pelayanan mutu kesehatan melalui proses analisis sehingga memungkinkan untuk dapat tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman yang dimiliki oleh Apotek YK Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui strategi apotek dalam peningkatan mutu pelayanan kefarmasian di Apotek YK Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan pengisian kuisioner. Peneliti menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana strategi apotek dalam peningkatan mutu pelayanan kefarmasian di Apotek YK Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada apotek yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu apotek yang sudah 6 bulan berdiri. Jenis penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Data pada penelitian ini bersifat kualitatif yang didapat dari hasil wawancara dengan pemilik dan karyawan apotek, sedangkan untuk data kuantitatif dari pengisian kuisioner dengan keterbatasan oleh 10 responden konsumen Apotek YK Yogyakarta. Hasil analisis SWOT diperoleh total skor kekuatan 2,66; kelemahan 0,61, peluang 3,06, dan ancaman 0,48. Total skor IFAS yang diperoleh 3,27 dan skor EFAS 3,54. Hasil diagram SWOT diketahui bahwa Apotek YK berada di kuadran I dengan nilai sumbu x 2,05 dan sumbu y 2,57. Strategi yang dapat diterapkan apotek adalah strategi yang berorientasi pada pertumbuhan (growth oriented strategy). Rencana strategi yang dapat dilakukan adalah menjadi mitra telemedicine, mempertahankan serta meningkatkan pelayanan apotek, dan menjalin kerjasama dengan pihak hotel sekitar apotek untuk layanan antar obat maupun alat kesehatan yang dibutuhkan pelanggan
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akhmad AD, Dirga, K SM, Adliani N, Sukrasno. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. J Farm Malahayati [Internet]. 2019;2: 86–98. https://doi.org/10.33024/jfm.v2i1.1547.
Amalia T. Evaluasi Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek Di Apotek X Berdasarkan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016. J Inkofar. 2019;1(1):49–58. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v1i1.77.
Wirastuti A, A. Noe Y, Rahmawati R. Pengaruh Kualitas Kefarmasian Terhadap Pelayanan Di Apotek Rsia Ananda Trifa Kota Parepare. J Insa Farm Indones. 2021;4(1):7–14. https://doi.org/10.36387/jifi.v4i1.668.
Pratama KJ, Widodo GP, Rahmawati I. Strategi Pengembangan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khodijah Gurah Kediri Kharisma Jayak Pratama. J Penelit Kesehat Suara Forikes. 2022;13(3):655–62. http://dx.doi.org/10.33846/sf13316.
Yusuf D, Sukma AD. Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Di Apotek Ben Do Sehat Pahonjean. Respati. 2021;16(1):24. https://doi.org/10.35842/jtir.v16i1.385.
Afifah TN, Putri S, Erinaputri N, Maghfiroh SA, Yusuf HA, Adristi K, dan Iswanto, A.H. Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Indonesia. J Ilmu Kesehat dan Gizi ( JIG ) [Internet]. 2023;1(3):65–77. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1384.
Lestari AP, Putri IRR, Sarwadhamana, R.J. Beban Kerja Di Unit Administrasi Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna. Indones J Hosp Adm [Internet]. 2022;5(2):77–84. http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2022.5(2).77-84.
Mustika R, Anggraeni AS. Pengaruh Harga, Pelayanan dan Kelengkapan Obat Terhadap Keputusan Pembeli Apotek. J Sintak [Internet]. 2023;1(2):35–43. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/82/67.
Rachmawati A, Susanti ED. Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Apotek 325 Surabaya. JISIP (Jurnal Ilmu Sos dan Pendidikan). 2022;6(1):1895–905. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2707.
Rantung, RE, Roy S. Pengelolaan Dan Pengembangan Bisnis Pada Fungsi Sumber Daya Manusia di CV. Gracia Initio, Sidoarjo. AGORA. 2013;1(3): 1-8. https://media.neliti.com/media/publications/36209-ID-pengelolaan-dan-pengembangan-bisnis-pada-fungsi-sumber-daya-manusia-di-cv-gracia.pdf.
Reza LA, Sulindawati NLGE. Pengaruh Potongan Harga, Pembayaran Non Tunai, dan Peningkatan Harga Jual pada Startup On Demand Terhadap Perolehan Laba Merchant. J Akunt Profesi. 2020;11(1):126–36. https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.26088.
Setyorini D, Nurhayaty E, Rosmita R. Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). J Mitra Manaj. 2019;3(5):501–9. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228.
Afifah N, Formen A. Penggunaan Matrik IFAS dan EFAS untuk Analisis SWOT Sarana dan Prasarana di Satuan PAUD. J Ilmu Sos dan Hum [Internet]. 2023;1(2):47–60.
Erliningtias E. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Bersaing Pada Usaha Della Laundry [Skripsi]. Fakultas Ekonomi. Universitas Semarang; 2020.
Yohansyah Klara R.A, Mananeke Lisbeth, N.Tawas Hendra. Penentuan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisa SWOT pada Produk Amanah di PT. Pegadaian (Persero) CP. Manado Utara. N Tawas 885 J EMBA. 2020;8(4):885–94. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31167.
Rizki AN, Mutmainah Y, Kasumawati F. Gambaran Medication Error Tahap Peresepan (Prescribing) di Apotek dan Klinik Keluarga Sehat Muncul Periode Januari – Desember Tahun 2020. INPHARNMED J (Indonesian Pharm Nat Med Journal). 2022;5(2):36. http://dx.doi.org/10.21927/inpharnmed.v5i2.1920.
Rusydiana AS, Firmansyah I. Strategi pengembangan lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia: pendekatan matriks IFAS EFAS. Jurnal Ekonomi Islam. 2018 Nov;9(1):46-74. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei/article/view/1287/567.
Sari DR, Prabowo B. Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan pada Cafe Jolly Coffee Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. 2024;6(2):1981-92. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.3989.
Kamaluddin I. Analisis Swot Untuk Merumuskan Strategi Bersaing Pada Pt. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. 2020 Apr 26;1(4):342-54. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.183.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/inpharnmed.v8i2.4496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN 2580-7269 (online), ISSN 2580-6637 (print).
Alma Ata University Press,
Jl. Brawijaya no.99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.