Hubungan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta Periode Januari 2023

Metha Ayu Alawiyah, Ari Susiana Wulandari, Fatma Siti Fatimah, Eva Nurinda

Abstract


Masalah kesehatan menjadi hal yang sangat utama saat ini. Peningkatan taraf hidup masyarakat, disertai dengan meningkatnya pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan yang diharapkan. Salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan seperti puskesmas yaitu suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat kesehatan masyarakat. Tingkat keberhasilan pelayanan kesehatan dapat dinilai dari kepuasan pasien. Kualitas pelayanan mampu mempengaruhi kepuasan pasien, karena hampir semua pelayanan berhubungan dengan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kualitas pelayanan kefarmasian serta mengetahui hubungan kualitas pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien rawat jalan di Wilayah Kerja Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan variabel bebas kualitas pelayanan dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Pengambilan data menggunakan kuesioner kepada 108 responden di Puskesmas Umbulharjo I. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dalam kategori cukup baik berjumlah 56 responden (51,9%), dan variabel tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas berjumlah 88 responden (81,5%). Tidak terdapat hubungan secara signifikan antara kualitas pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Umbulharjo I. Dimana nilai koefisien korelasi sebesar 0,147 dengan p-value sebesar 0,130 > 0,05.


Keywords


kualitas pelayanan; kepuasan pasien; pasien rawat jalan; Puskesmas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Umam C, Muchlisoh L, Maryati H. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. Promotor. 2019;2(1):7.

Fristiohady A, Fitrawan LOM, Pemudi YD, Ihsan S, Ruslin R, Bafadal M, et al. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari menggunakan Metode SERVQUAL. Jurnal Surya Medika. 2020;6(1):6–12.

Indonesia KR. Undang-Undang Dasar 1945. Indonesia;

Masyadi, Amrial. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Manajemen. 2022;7(1):370–80.

Engkus E. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi. 2019;5(2):99–109.

Taekab AH, Suryawati C, Kusumastuti W. Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 2019;7(1):31–40.

Hanifah MHK. Kajian Literatur Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan [Internet]. 2021;4:76–86. Available from: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jmiak-rekammedis/article/view/1322

Ahmada G, Budimana, Setiawati, Suryatia Y, Inayaha I, Pragholapati A. Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan [Internet]. 2022;13(1):111. Available from: https://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jikk/article/view/866/784.http://dx.doi.org/10.26751/jikk.v13i1.866

Sitompul YM, Rahayu P, Apriana A. Hubungan Karakteristik Pasien Non BPJS dengan Kepatuhan Membawa Kartu Berobat di RSU Deli Medan Tahun 2022. Jurnal Penelitian Kemasy [Internet]. 2022;3(1):58–67. Available from: http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JPKSY/article/view/1103/705

Fatimah S, Indrawati F. Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development. 2019;1(3):84–94.

Zaini R, Khodijah Parinduri S, Dwimawati E. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tegal Gundil Kota Bogor Tahun 2020. Promotor. 2022;5(6):484.

Ramadhan F, Muhafidin D, Miradhia D. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE - Jurnal Administrasi Negara. 2021;12(2):58.

Ahmad H, Napitupulu M. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal). 2021;6(2):193.

Putri IRR. The Correlation Between the Quality of Nursing Service And Patient Satisfaction Using. Indonesian Journal of Hospital Administration [Internet]. 2018;1(2):63–9. Available from: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/view/1108

R M, Fatimah F, Sarwadhamana J. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia [Internet]. 2022;17:66–72. Available from:

https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi/article/view/8762.https://doi.org/10.26714/jkmi.17.2.2022.66-72

Yuliadi, Oktarianita, BA P, H. S. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Mahasiswa [Internet]. 2020;1(2). Available from: //jurnal.umb.ac.id/index.php/miracle/article/view/3045/pdf

Toliaso CS, Mandagi CKF, FK Kolibu. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Denga Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018;7(4):1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/inpharnmed.v7i1.3099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN 2580-7269 (online), ISSN 2580-6637 (print).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.