PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK MENENTUKAN RUTE TERPENDEK TEMPAT TINGGAL KE KAMPUS 2 UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Galang Nurendrawan Ramadhan, Galang Nurendrawan Ramadhan, Raihan Khaira Alma Bachrun, Achmad Syaifulloh

Abstract


Surabaya merupakan kota besar maka kemacetan menjadi hal yang wajar dan pemandangan sehari-hari. Kepadatan penduduk yang tinggi dan berbagai macam aktivitas membuat kota ini tidak pernah sepi dari lalu lintas manusia. Fleksibilitas yang tinggi ini sebagian besar disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana jalan. Perhitungan Dijkstra dapat menciptakan waktu produktif yang efektif dalam memastikan jarak antar sistem jika dibandingkan dengan perhitungan manual karena Algoritma Dijkstra ini memberikan keluaran berupa jalur tercepat dan terpendek dari tempat asal menuju tempat tujuan


Keywords


Dijkstra Algorithm; graph; determining the shortest route

References


D. Amir Sanjaya, “Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Jl.Purnama - Jl. M.Sohor-Jl. Letjen Sutoyo Kota Pontianak,” J. Elektron. Laut, Sipil, dan Tambang, vol. 3, no. 3, pp. 1–13, 2016.

A. Ghofur Wibowo and A. Purwo Wicaksono, “Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra (An Application Design for Determining the Shortest Path of Hospital in Purbalingga

Using Dijkstra Algorithm Method),” Juita, vol. 1, p. 21, 2012.

R. R. Al Hakim et al., “Aplikasi Algoritma Dijkstra dalam Penyelesaian Berbagai Masalah,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 11, no. 1, p. 42, 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.1939.

M. Qomaruddin, M. T. Alawy, and dan S. Sugiono, “Perancangan Aplikasi Penentu Rute Terpendek Perjalanan Wisata di Kabupaten Jember Menggunakan Algoritma Dijkstra,” Sci. Electro, vol. 6, no. 2, pp. 31–39, 2018.

M. Muharrom, “Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Penentuan Jalur Terpendek Studi Kasus Jarak Tempat Kuliah Terdekat,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 25, 2020, doi: 10.21927/ijubi.v3i1.1229.

N. Kusnia and R. N. Darmawan, “Penerapan Algoritma Dijkstra Untuk Menentukan Rute Terpendek Jalur Lintas Darat Dari Alun-Alun Kota Banyuwangi Menuju Alun-Alun Kota Jember,” Univ. PGRI Banyuwangi, vol. 1, no. 2, pp. 22–30,

L. Broumi, S., Bakal, A., Talea, M., Smarandache, F., & Vladareanu, “Applying Dijkstra algorithm for solving neutrosophic shortest path problem,” pp. 412–416, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.3964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Department of Information System
Alma Ata University
Email: ijubi@almaata.ac.id