PENGARUH PUSH PULL MOORING TERHADAP SWITCHING INTENTION PADA PENGGUNA APLIKASI VIDEO ON DEMAND DI MASA PANDEMI COVID-19

Heri Gunawan Yusuf, Asti Ratnasari

Abstract


Pandemi covid-19 memberikan dampak buruk bagi Negara Indonesia. Pemerintah menetapkan aturan-aturan kesehatan yang bertujuan untuk mencegah penularan yang semakin meluas. Pada penelitian ini peneliti akan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi niat beralih pengunjung bioskop khususnya bagi Mahasiswa Universitas Alma Ata menggunakan aplikasi video on demand menggunakan metode Switching Intention. Teori Push Pull Mooring digunakan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat individu untuk beralih menggunakan layanan video on demand. Push factor yaitu faktor pendorong dari penyedia jasa lama (faktor negatif). Pull factor yaitu faktor penarik yang berasal dari penyedia jasa baru yaitu aplikasi video on demand (faktor positif) dan Mooring factor merupakan faktor penghambat yang dapat memperkuat atau memperlemah niat individu untuk berpindah. Populasi yang ditetapkan pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Alma Ata tahun angkatan 2018-2020 yang menggunakan aplikasi video on demand. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden secara online menggunakan google form. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 yang dipilih berdasarkan dari waktu pengisi kuesioner oleh responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa empat (4) hipotesis berpengaruh secara signifikan dan diterima, empat (4) hipotesis lainnya tidak signifikan dan ditolak. Variabel yang secara signifikan berpengaruh positif yaitu social influence terhadap trust, variabel subjective norm terhadap switching intention, system quality terhadap user satisfaction, trust terhadap switching intention.


Full Text:

PDF

References


Diah Handayani, “Corona Virus Disease 2019,” J. Respirologi Indones., vol. 40, no. 2, pp. 1–66, 2020.

I. W. Kintono, “PPKM Darurat Belum Selesai, Pengusaha Bioskop Tutup Sementara Semua Operasional Bioskop di Indonesia,” WARTAKOTAlive.com, 2021. [Online]. Available: https://wartakota.tribunnews.com/2021/07/18. [Accessed: 08-Jan-2022].

D. H. Fauziyyah, Anni Karimatul & Gautama, “Analisis Sentimen Pandemi Covid19 Pada Streaming Twitter Dengan Text Mining Python,” J. Ilm. SINUS, vol. 18, no. 2, p. 31, 2020.

Y. Bansal, Havir, Taylor, James, “switching intention,” vol. 33, pp. 96–155, 2005.

Priyambudi & Ambarwati, “Pervormansi Video on Demand (VOD) pada Virtual Private Network (VPN) menggunakan Open VPN,” J. Mhs. Tek. Elektro Univ. Brawijaya, 2013.

K. Riswanto Budiono, Jimanto & Yohanes Sondang, “Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Ritel Bioskop the Premiere Surabaya,” J. Manaj. Pemasar. Petra, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2014.

C. Setiyani, “Pengaruh Push – Pull – Mooring Factors (PPM) Terhadap Customers Switching Intention dari Bank Konvensional ke Bank Syariah (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang),” 2019.

S. J. Y. Bansal HS, Taylor SF, “‘Migrating’ to New Service Providers: Toward a Unifying Framework of Consumers’ Switching Behaviors.,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 33, pp. 96–115, 2005.

V. Djusmin and R. T. Dirgahayu, “Push Pull Mooring dan Pyschological Ownership terhadap Perilaku Beralih Pengguna Instant Messaging,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, p. 1, 2019.

A. A. Pering, “KAJIAN ANALISIS JALUR DENGAN STRUCTURAL EQUATIONAL MODELING (SEM) SMART-PLS 3.0,” Satyagraha, vol. 03, no. 02, pp. 28–48, 2021.

W. Kundi Hartono, “PENGARUH KEPUASAN, PENCARIAN VARIETAS, DAYA TARIK ANDALTERNATIF TERHADAP PERILAKU BERALIH MELALUI NIAT BERALIH,” vol. 7, no. 3, 2018.

X. Lin, S. W. Chien, C. W. Hung, S. C. Chen, and A. Ruangkanjanases, “The Impact of Switching Intention of Telelearning in COVID-19 Epidemic’s Era: The Perspective of Push-Pull-Mooring Theory,” Front. Psychol., vol. 12, pp. 1–14, 2021.

Y. Asrina, Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean. Tangerang Selatan: Universitas Syarif Hidayatullah, 2020.

Kurniawati, “PENGARUH NORMATIVE COMMITMENT, AFFECTIVE COMMITMENT DAN CONTINUANCE COMMITMENT TERHADAP SWITCHING INTENTION,” Media Ris. Bisnis Manaj., vol. 7, 2007.

N. K. Aini, “PERAN SWITCHING COST DALAM MEMBANGUN CUSTOMER LOYALTY ( Studi Pada Pelanggan Indosat Ooredoo Di Semarang ),” 2020.

M. M. Jhon Mowen., Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga, 2002.

Munandar, “Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat menggunakan Produk Perbankan Syariah pada Bank Aceh Syariah di Kota Lhokseumawe,” J. Visioner Strateg., vol. 3, pp. 73–80, 2014.

K. Lee, “Opportunities for Green Marketing: Young Consumers,” Int. J. Mark. Intell. Plan., vol. 26, pp. 573–586, 2008.

S. A. BASRAH SAIDANI, DEZSANRA RAENAL ABDILAH, “ANALISIS SWITCHING INTENTION PADA APLIKASI TAKSI ONLINE DI JABODETABEK,” vol. 12, no. 1, p. 6, 2021.

Ghozali, Patrial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program Smart PLS 3.0 untuk penelitian Empiris. Semarang: Universitas Diponegoro, 2014.

Fornell & Larcker, “Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement error,” pp. 39–50, 1981.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v5i1.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Department of Information System
Alma Ata University
Email: ijubi@almaata.ac.id