Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan Pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar

Sumarni .

Abstract


Ekuitas merek adalah keinginan dari seseorang untuk melanjutkan menggunakan suatu brand atau tidak. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Ekuitas Merek terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian sebanyak 4390 orang dan sampel sebanyak 151 orang. Pengumpulan data dilakukan chi square dan uji regresi logistic pada p=0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh variabel kesadaran merek terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina (p=0,319). Ada pengaruh positif variabel asosiasi merek terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina (p=0,022).Ada pengaruh positif variabel persepsi kualitas terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina (p=0,002). Ada pengaruh positif variabel kesetian merek terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina (p=0,022). Ada pengaruh positif variabel aset merek lain terhadap minat pemenfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina (p=0,001). Variabel kesetian merek merupakan faktor yang paling berpengaruh positif terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina ρ=0,993 dan wald = 5,997. Secara keseluruhan semua model variable dapat mempengaruhi minat pemanfaatan kembali Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina sebesar 93,4%.

Kata kunci: Ekuitas merek, Minat pemanfaatan kembali


Full Text:

PDF

References


Arief T. Jumlah Rumah Sakit Umum Diprediksi Tumbuh 10% Tahun Depan. 2014.

Aaker D. Building Strong Brands. London: The bath Press; 2002.

Aaker D. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama; 2013.

Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2012.

Laporan Kinerja Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Makassar: Rumah Sakit Ibnu Sina; 2014.

Nasution HN. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap Non Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara; 2013.

Kochiri O. How Patient Reaction To Hospital Care Attributes Affect The Evaluation Of Overall Quality Of Care, Willingness To Recommend, And Willingness To Return. J Healthc Manag. 2010;

Zainuddin. Penelitian Pendekatan Praktis Aplikatif. Bandung: Refika Aditama; 2010.

Baldauf A, Cravens KS, Binder G. Performance consequences of brand equity management: evidence from organizations in the value chain. J Prod Brand Manag. 2003;12(4):220–36.

Wijaya AP. Analisis Risiko Keuangan Dalam Merencanakan Pertumbuhan Laba: Perspektif Teori Signal. 2009.

Alamsyah. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Rs Syarif Hidayatullah). Uin Syarif Hidayatullah. 2010;

Yoo B, Donthu N, Lee S. An examination of selected marketing mix elements and brand equity. J Acad Mark Sci. 2000;28(2):195–211.

Agarwal S, Teas RK. Cross-National Appli-Cability Of A Perceived Quality Model. J Prod Brand Manag. 2002;

Fachriza. Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Celana Jeans Wrangler Di PT Garment Industries Cabang Medan. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2018.1(1).1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Hospital Administration



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats