Analisis Persiapan Reakreditasi Puskesmas Sedayu 1

Angie Indriantoro, Fatma Siti Fatimah, Luh Sindy N, Petra M Leoni

Abstract


Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Akreditasi Puskesmas Sedayu 1 sebelum di akreditasi yaitu terakreditasi madya. Akreditasi merupakan pengakuan terhadap suatu instansi puskesmas, yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri setelah memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana persiapan reakreditasi puskesmas sedayu 1. Metode penelitian ini menggunakan metode check list persiapan, kuesioner wawancara secara mendalam (in-depth interview), Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dimana sampel terdiri dari 3 informan yaitu bagian manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat (UKM), dan bagian peningkatan mutu puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan puskesmas mendapatkan skor 10 (terpenuhi) pada setiap elemen penilaian, walaupun pada kenyataannya terdapat hambatan yang dialami yaitu pada dokumentasian kegiatan yang tercecer akibat tidak disimpan dengan baik, Puskesmas Sedayu 1 telah memenuhi standar dalam pelaksanaan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Program-program yang menunjang peningkatan mutu puskesmas seperti manajemen risiko, sasaran keselamatan pasien, pencegahan pengendalian infeksi dll sudah terlaksana dengan baik sehingga memenuhi standar dalam Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP). Kesimpulan nya  Puskesmas Sedayu 1 Yogyakarta sudah siap untuk menghadapi Reakreditasi Puskesmas tahun 2023 dikarenakan puskesmas sudah melengkapi semua elemen penilaian yang sesuai standar akreditasi puskesmas.

Keywords


Akreditasi; Puskesmas; Accreditation; Public Health Center

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Lutfiana A, Lestari IS, Annisa K, Sarah S, Puspita R, Rasyid Y. Strategi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilandak Dalam Meningkatkan Akreditasi Ke Tingkat Paripurna. Pentahelix. 2023;1(1):1.

Swandarini W, Utami TN, Nur’aini. Analisis Pencapaian Akreditasi Paripurna Di Puskesmas Teupah Tengah Kabupaten Simeulue. J Heal adn Med Sci. 2023;2(1):106–22.

Eka Putri Rahayu, Laksono Trisnantoro, Hanevi Djasri. Persiapan Pelaksanaan Reakreditasi Di 4 Puskesmas Kota Yogyakarta. J Manaj Pelayanan Kesehat (The Indones J Heal Serv Manag. 2022;23(01):21–9.

Kemenkes RI 2015. PMK No. 46 ttg Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi.pdf.part. 2015;

Julianti R, Sutomo S, Abidin AR, Yunita J, Renaldi R. Analisis Kebijakan, Sarana Prasarana dan Sumber Daya Manusia dalam Persiapan Re-Akreditasi. J Kesehat Komunitas. 2021;7(3):296–304.

Zega I, Richadi RK, Tarigan FL, Nababan D, Sitorus MEJ, Warouw SP. Analisis Kesiapan Upt Puskesmas Lotu Menghadapi Akreditasi Puskesmas. PREPOTIF J Kesehat Masy. 2021;6(1):98–112.

Rehatalanit M, Nurwahyuni A. Analisis Input dalam Proses Penyelenggaraan UKM UKP pada Puskesmas X Kota Semarang. J Med Hutama. 2021;03(01):1435–41.

Sulaeman ES. Kepemimpinan Kepala Puskesmas Dengan Tempat Perawatan Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Dengan Tempat Perawatan Di Kabupaten kuningan Jawa Barat. J Manaj Pelayanan Kesehat. 2009;12(02):59–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2023.6(2).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats