Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Loyalty Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Tahun 2020

Umi Darniati Rumbaru, Sumarni Sumarni, R. Jaka Sarwadhamana

Abstract


Kesetiaan pada sebuah merek timbul karena konsumen merasa merek tersebut memberikan manfaat dan kualitas dengan harga yang sesuai, apabila pasien puas terkait brand awareness dan brand loyalty maka akan memperluas pangsa pasar dan akan mempengaruhi rasa percaya pelangan terhadap merek dari rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk menganalisis pengaruh brand awareness dan brand loyality terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Jenis penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian sebanyak 4390 orang dan sampel sebanyak 151 orang yang diambil dengan teknik accidental Sampling. Analisis data menggunakan chi square. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel brand awareness terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Ibnu Sina Makassar hal ini berdasarkan hasil penelitian uji chi squere yang diperoleh nilai p value 0,319 (˃0,05). terdapaat pengaruh positif variabel brand loyalty terhadap kepuasan pasien di rumah sakit ibnu sina Makassar dengan hasil penelitian uji chi squere yang diperoleh nilai p value 0,002 (˂0,05).

 

Kata Kunci: Brand Awreness; Brand Loyalty; Kepuasan Pasien


Keywords


Brand Awreness; Brand Loyalty; Kepuasan Pasien; Brand Awreness, Brand Loyalty, Patient Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Yuliandari Nava, Sarwadhamana RJ. Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Kualitas Kerja Karyawan di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Indones J Nurs Heal Sci. 2021;6(2):97–103.

Sumarni. The Effect of Brand Equity on Service Reutilization Interest of Inpatient Isntalation of Ibnu Sina Hospital , Makassar. Indones J Hosp Adm. 2018;1(1):1–10.

Istanti Setyo Nugroho. Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Masyarakat dalam memilih Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya. J Admininstrasi Kesehat Indones. 2013;1(2):147–55.

Maqrifah. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Instalasi Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rsia Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar Tahun 2017. Univ Islam Negeri Alaluddin Makasar; 2018.

Prasetya DSE. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Konsumen Air Mineral Merek Aqua Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Univ Muhammadiyah Surakarta; 2016.

Machfoedz I. Metodelogi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif) Bidang Kesehatan, Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran. Yogyakarta: Fitramaya; 2020.

Raden Jaka Sarwadhamana S. The Effectiveness of Social Media Facebook and Instagram as Hospital Promotional Media. J Manaj Kesehat Indones. 2021;9(3):236–41.

Rivai F, Amiruddin R, Sumarni PS. The Effect of Brand Equity on Service Reutilization Interest of Inpatient Instalation of Ibnu Sina Hospital, Makassar in 2015. In: ACM Int Conf Proceeding. Indonesia; 2018. p. 40–237.

Dewi VC SE. Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli (Studi Pada Produk Pasta Gigi Merek Sensodyne Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2018;7(4):17–42.

Widjaja YR NI. Loyalitas Merek Sebagai Dampak Dari Kepuasan Konsumen. J Islam Econ Bus. 2016;1(1):1–13.

Yusuf RK. Analisis Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Univ Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; 2018.

Sarwadhamana RJ, Yuliandari N, Ata A. Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior ( OCB ) pada Perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. J Manaj Kesehat Indones. 2021;9(3):191–7.

Sumarni. Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Indones J Hosp Adm. 2018;1(1):1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(1).1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats