Analisis Faktor Risiko Lingkungan terhadap Kejadian Malaria di Kabupaten Kerom Provinsi Papua

Frans Manangsang, Abdul Ganing, Elen R.V. Purba, Ester Rumaseb, Raden Jaka Sarwadhamana

Abstract


Papua merupakan Provinsi dengan jumlah penderita malaria tertinggi di Indonesia. Pada umumnya lingkungan adalah faktor dominan sebagai penentu prevalensi dan insidensi malaria pada daerah endemis malaria dan beberapa faktor lainnya seperti keberadaan hewan ternak besar di sekitar rumah, keberadaan genangan air, dan semak belukar menjadi faktor risiko terjadinya malaria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor risiko lingkungan terhadap kejadian Malaria di Kabupaten Kerom Provinsi Papua. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan case-control. Populasi dalam penelitian ini adalah Semua penduduk yang pernah diperiksa sediaan darahnya di beberapa Puskesmas Kabupaten Kerom Provinsi Papua 2019, baik yang positif plasmodium maupun yang negatif plasmodium sebagai kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden yang di ambil sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji statistik regresi logistik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa faktor lingkungan yang paling berhubungan dan berpengaruh dengan kejadian malaria yaitu variabel keberadaan semak belukar disekitar rumah yang ditunjukan dengan hasil uji statistik diproleh nilai p value 0,000 dan nilai Odds rasio sebesar 17,073 yang menunjukan bahwa responden yang tempat tinggalnya mempunyai semak belukar dengan jarak ≤100 m memiliki resiko tinggi mengalami kejadian malaria yaitu sebesar 17 kali di bandingkan dengan jarak rumah responden dengan semak belukar > 100 m. Faktor yang paling berhubungan dan berpengaruh dengan kejadian malaria semak belukar dan di ikuti oleh variabel keberadaan genangan air.

 

Kata Kunci: Malaria; Faktor lingkungan; Papua; Malaria; Environmental factor


Keywords


Malaria; Faktor lingkungan; Papua; Malaria; Environmental factor

Full Text:

PDF

References


WHO. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan. 2011; Available from: http://www.searo.who.int/en/Section10/Section21/Section340_4018.htm

Kementrian Kesehatan R.I. Epidemiologi Malaria di Indonesia. 2011; Available from: http://www.depkes.go.id/downloads/publikasi/buletin/BULETIN MALARIA.pdf

Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Unit Pelaksana Teknis AIDS, TBC, Malaria. Papua: Dinas Kesehatan Provinsi Papua; 2016.

Sutatik. Gambaran Faktor Lingkungan Daerah Endemis Malaria di Daerah Berbatasan : Studi di Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungangung dan di Desa Prigi serta Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggelek [Internet]. Universitas Airlangga; 2007. Available from: http://www.adln.lib.unair.ac.id.

Erdinal, Susanna D, Wulandari RA. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian malaria di Kecamatan Kampar kiri Tengah Kabupaten Kampar tahun 2005-2006. MAKARA Kesehatan. J Makara Kesehat [Internet]. 2006;10(2):64–70. Available from: http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/2/51b6c862124e72f9bcd6bb492059d6605b831d5f.pdf

Friaraiyatini, Keman S, Yudhastuti R. Pengaruh Lingkungan dan Perilaku Masyarakat terhadap Kejadian Malaria di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. J Kesehat Lingkung [Internet]. 2005;2(2):121–9. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/3955-ID-pengaruh-lingkungan-dan-perilaku-masyarakat-terhadap-kejadian-malaria-di-kab-bar.pdf

Rudono. Hubungan Penyakit Malaria Pada Ibu Hamil dengan Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah di Daerah Endemik Malaria Kabupaten Purworejo. Universitas Gadja Mada; 2003.

Ahmadi S. Faktor Risiko Kejadian Malaria Di Desa Lubuk Nipis Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Universitas Diponegoro; 2008.

Lestari. Vektor Malaria di Daerah Bukit Menoreh, Purworejo, Jawa Tengah. Media Penelit dan Pengemb Kesehat. 2007;17(1):30–5.

Romadhon Y. Hubungan Beberapa Faktor Lingkungan dengan Kejadian Malaria di Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Universitas Diponegoro; 2001.

Anies. Manajemen Berbasis Lingkungan – Solusi Mencegah dan Menanggulangi Penyakit Menular. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2006. 94,97-98.

Theresia. Beberapa Faktor Risiko Lingkungan yang Berhubungan dengan Kejadian Malaria di Kecamatan Nanga Ella Hilir Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat. J Kesehat Lingkung Indones. 2013;12(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(2).37-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats