Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap “Pembinaan Ibadah Siswa” Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II

Hairiyah Hamid, Ni'matun Khoeriyah

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai Peran Guru PAI Terhadap Pembinaan Ibadah Siswa Kelas X MAN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskripsif. Dalam penelitian ini mengunakan purposive sampling dengan subjek guru PAI dan siswa kelas X dengan jumlah sembilan. Adapun yang menjadi objek adalah bentuk-bentuk pembinaan ibadah dan peran guru PAI. Pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis mengunakan Model Miler and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Untuk memvaliditasi mengunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembinaan ibadah siswa kelas X MAN Yogyakarta II diantaranya: pembinaan matrikulasi, pesantren sabtu ahad (petuah), pengabdian masyarakat. Sedangkan Peran guru PAI diantaranya mengajar, memotivasi, mengarahkan, memfasilitasi, mengevaluasi mendidik.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata Haji. 2010. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendeketan Multidisiplin Normatif Perenialis, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. 1996.Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta. Mukti Karya Grafik

Buchari Alma dkk. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung. Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Departemen Pendidikian dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka. E. Mulyasa. 2007.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Fajar Basuki Rahmat dkk. 2015. Buku Pembinaan Ibadah Madrasah Negeri Yogyakarta II. Yogyakarta. MAN Yogyakarta II.

Hamzah. B. Uno dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta. Bumi aksara.

Ibrahim Shalih. 2011. Fiqih Ibadah Wanita . Jakarta. Amzah

Muhammad Qutub. 1984. Sistem Pendidikan Islam. Bandung. Al-Ma’arif.

M. Abdul Majieb et.el. 1995. Kamus Istilah Fiqih. Jakarta, Pustaka Firdaus.

M. Masrur Huda. 2011. Ternyata Ibadah tidak Hanya Untuk Allah. Jakarta.Qultum Media.

Nasrun Harahap dan Jamil Abu Bakar. 1981. Pengantar Studi kurikulum. Jakarta. Pepara.

Nusa Putra dan Santi Lisnawati. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan D & R. Bandung. Alfabeta.

Sutari Imam Barnabid. 1995. Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta. Andi Offset.

Undang-Undang Repuplik Indonesia No.14 Tahun 2005. 2006. Tentang Guru dan Dosen. Bandung. Citra Umbara.

Zakiah Daradjat. 1982. Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental. Jakarta.Gunung Agung.

___________. 2002. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta. Bulan Bintang.

___________. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah . Jakarta. Ruhama.

Zuhairini dkk. 1981. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya. Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).34-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats