Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien

Misi Siti, Zulpahiyana Zulpahiyana, Sofyan Indrayana

Abstract


Terapeutic communications is an important component in nursing, communication between nurses and patients have a therapeutic relationship that aims to cure the patient. The establishment of good therapeutic communication creates a relationship of trust between nurses and patients. Thus, the patient felt satisfied and comfortable with the services provided by nurses to improve the eagerness and motivation of the patient to recover. The aim of this research was to understand the nurse’a therapeutic communication with patient’s satisfaction in Pringgodani inpatient ward in Rajawali Citra Hospital Bantul, Yogyakarta. A total sample of 57 respondents were obtained by accidental sampling and used cross sectional design. Analysis in thia study used kendall tau test. The result of this research showed that 49.1% nurse’s therapeutic communication were good and 68,4% respondents felt satisfi ed and kendall tau test showed p=0.003 and correlation value is r=0.37. In conclusion, there was significant correlation between nurse’s therapeutic communication and patient’s satisfaction.


Keywords


therapeutic comunication; nurse; patient satisfaction

Full Text:

PDF

References


Permenkes. Komite Keperawatan Rumah Sakit. Jakarta: Menkes RI; 2013.

Permenkes. Izin dan Penyelenggara Praktek Perawat. Jakarta: Menkes RI; 2010.

Nursalam. Management Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Nasir A, Muhith A, Sajidin M, Mubarak WI. Komunikasi dalam Keperawatan teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Imbalo SP. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2007.

Departemen Kesehatan RI. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI; 2005.

Riyanto A. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2011.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Priyanto A. Komunikasi dan Konseling Aplikasi dalam Sarana Pelayanan Kesehatan untuk Berawat dan Bidan. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Potter PA, Perry AG. Buku Ajar fundamental keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik. 4th ed. Jakarta: EGC; 2005.

Notoatmodjo S. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Yogyakarta: Rineka Cipta; 2005.

Sondang PS. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta; 2009.

Hajaruddin. Hubungan antara Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta [Internet]. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 2014 [cited 2015 Jan 1]. Available from: http://thesis.umy.ac.id/ datapublik/t34289.pdf08.1809-3-2015.

Muri K. Hubungan Prilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Bangsal Penyakit dalam kelas III RSUD Saras Husada Purworejo. STIKES Alma Ata; 2013.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CP Alfabeta; 2011.

Mundakir. Komunikasi Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2006.

Haryanto. Hubungan Komunikasi Terapeutik perawat dengan kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Kendal [Internet]. 2009 [cited 2015 Aug 5]. Available from: http://jurnal.unimus.ac.id/255.

Tipo A. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang. SUN J Keperawatan. 2010;5(1):41–8.

Rahil NH. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Memberikan Obat dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pemberian Obat di IRNA RSUD Sleman Yogyakarta. J Ilmu Keperawatan Respati. 2012;2(1):1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).30-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia (JNKI) indexed by:

      

Lisensi Creative Commons

  View My Stats