Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Produk Bmt (Studi Kasus Pada Bmt Artha Barokah Yogyakarta)

Sri Giyanti, Teguh Suripto

Abstract


 

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) pengaruh sikap terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 2) pengaruh motivasi terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 3) pengaruh kelas sosial terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 4) pengaruh sikap, motivasi, dan kelas sosial bersama-sama terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah. Analisis data menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam instrumen penelitian serta pengujian uji-t (Parsial), uji-f (serentak), uji (Identifikasi Determinasi) dan ujin Linieritas.

Berdasarkan  hasil  analisis  uji  t  menunjukkan  sikap  Sikap  Nasabah  (X1)

berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah positif, namun t hitung < t tabel, dengan angka 1,522 <

2,028.

Motivasi  (X2)  berpengaruh  positif  dan  tidak  signifikan  terhadap  perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah positif, namun t hitung < t tabel, dengan angka 0,692 < 2,028.

Kelas Sosial (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah positif, serta t hitung > t tabel dengan angka 2,703 > 2,028.

Hasil   uji f, nilai Fhitung sebesar 7,711 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,87 (Fhitung>Ftabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel independen (sikap, motivasi, dan kelas sosial) terhadap perilaku nasabah.

Hasil R square 0,391 yang berarti 39,1%. variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya 60,9% dijelaskan oleh variasi variabel lain diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


A. Djazuli, d. (2002). Lembaga-lembaga Perekonomian Umat. Jakarta: Pinbuk Press.

Alghifari. (2003). Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syari’ah: dari teoti ke praktek. Jakarta: Gema Insani.

Arikunto, S.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, M. A. (2004). Pedoman Pendirian BMT(Baitul Maal wa Tamwil). Jakarta: Pinbuk.

Bakhri, M. S. (2015). Sukses Koperasi Syari’ah Di Sidogiri: The Best Islamic Micro Finance.

Sidogiri: Cipta Pustaka Utama.

Dhamesta, B. S. (2008). Manajemen Pemasaran; Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta:

BPFE-YOGYAKARTA.

Ebert, R. W. (2005). Business, Edisi ke Tujuh Jilid 1. Jakarta: PT Enada Media.

Handoko, B.S. (1982). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: (UPP)

AMP YKPN.

Ilmi, M. (2002). Teori dan Praktek Mikro Keuangan Syari’ah. Yogyakarta: UII Pres.

James F. Engel, D. T. (1973). Costumer Behavior, Edisi kedua. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Kanuk, S. d. (2000). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT Indeks.

Kanuk, S. d. (2008). Perilaku Konsumen Costumre Behavior. Yogyakarta: PT Indeks.

Kasidi. (2015, Oktober Senin). Gambaran tentang BMT Artha Barokah. (Manajer, Interviewer)

Kotler, P. (2000). Marketing Manajemen, The Millenium Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, M. (2004). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Lanuk, S. d. (2000). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT Indeks.

Mangkunegara, A. (2009). Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan ke IV. Bandung: OT Refika Aditama.

Muhammad. (2001). Tehnik Perhitungan Bagi Hasil di Bank Syari’ah. Yogyakarta: UII Press.

Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UII Press.

Muhammad.(2005). Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UPP AMP. YKPN.

Nurlela. (2013). Analisis Perilaku Konsumen dalam Proses Pengambilan Keputusan Menyerahkan Dana dari Shohibul Maal ke Mudhorib di BMT Mitra Usaha Insani Yogyakartaa. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.(n.d.). Retrieved Senin, 2015, from Http//Pertumbuhan Ekonomi Indonesia//.com.

Olson, P. J. (2006). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi ke IV, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2012). Meansuring Costumer Satis Faction, Alih Bahasa Djaslim Saladin. Jakarta: Gramedia.

Ridwan, M. (2004). Manajemen Baitil Maal wa Tamwil (BMT). Yogyakarta: UII Press.

Rohmat, M. S. (2014). Analisis yang Mempengaruhi Perilaku yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam untuk Menjadi Nasabah Bank Mini Syari’ah (BMS) . Surabaya: UIN Surabaya: http://digilib.uinsby.ac.id/958. 12 Desember 2015; 10.00 WIB.

Salim, A. (2005). Faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Nasabah dalam Menggunakan

Produk BMT(study kasus pada BMT Multazam Sultan Aggung Yogyakarta). Yogyakarta: Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Stanton, W. J. (1978). Fundamentals of Marketing, Edisi Kelima. Jakarta: PT Enada Media.

Sudarsono, H. (2003). Bank dan Lembaga Keunagan Syari’ah. Yogyakarta: Ekonosia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabetta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2002). Proseduur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suma, M. A. (2008). Menggali Akar Serat Ekonomi dan Keuangan Islam. Jakarta: Khalam Publishing.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen; Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT Raya Grafindo.

Supradi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : UII Press.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen; Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanti, R. (1997). Pengaruh Pemberian Variabel Motivasi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah BMT Al-Ikhlas. Yogyakarta: UII Press.

William, J. S. (1978). Fundamentals of Marketing, Edisi Ke lima. Jakarta: Khalam Publishing.

Wiratna Sujarweni, P. E. (2012). Statistika Untuk Penelitian, edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wawancara dengan ibu Inti selaku Teller BMT Artha Barokah (mewakili Bpk Kasidi), Selasa 03 November 2015 pukul 09.30 WIB.

www.mysharing.com BeritaEkonomiSyari’ah diakses pada tanggal 18 Febuari 2016 pukul 09.00




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(1).%25p

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.