SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN MENGGUNAKAN METODE MULTI ATRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) UNTUK PENENTUAN BANTUAN RUMAH TINGGAL SEHAT

Wahyu Widodo, Idi Nastoto

Abstract


Candi merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Candi  memiliki 20 dusun. Di wilayah Desa Candi tesebar rumah – rumah penduduk  terdapat rumah tinggal sehat dan rumah tinggal tidak sehat. Dengan wilayah 20 Dusun Pemerintah Desa Candi kesulitan dalam menentukan rumah sehat tinggal dan rumah tidak sehat tinggal. Dari permasalahan di atas maka sistem pendukung keputusan  menjadi suatu kebutuhan untuk menyelesaikan permasalahan Pemerintah Desa Candirejo. Sistem pendukung keputusan dirancang dengan mengunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Untuk menentukan rumah tinggal sehat atau tidak sehat, terdapat 23 kriteria, dengan dua alternative. Dengan dibuatnya sistem pendukung keputusan menggunakan metode MAUT  Pemerintah Desa Candirejo bisa dengan mudah  menentukan  rumah sehat tinggal dan rumah tidak sehat tinggal.


Keywords


Decision support system; multi attribute utility theory; home stay healthy

Full Text:

PDF

References


Gusdha M, E. A., Wahyudin, A., & Nugroho, E. P. (2010). Sistem Promosi Jabatan Karyawan dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) dan Multi-Attribute Utility Theory ( MAUT ) ( Studi Kasus pada PT . Ginsa Inti Pratama ) Prosedur Iterasi Metode AHP dan MAUT. 2010.

Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta.

Chamid, A. A. (2016). Penerapan MetodeTopsis Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah. Universitas Muria Kudus, 7(2), 537– 544.

Jannah, R. (2015). Aplikasi Penerimaan Karyawan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory. Teknik Informatika, STMIK Amik Riau, 1(2), 79–89.

Siswo, R. A., & Rosyidah, U. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Karyawan Pt Pln Jember Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (Maut). Universitas Muhammadiyah Jember, (1210652011).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v1i2.911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats