Hubungan Pemberian Informasi Obat Oral Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Bakung RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta

Imram Radne Rimba Putri, Zulpahiyana ., Lis Adekayanti

Sari


Informasi dan pelayanan merupakan masalah utama yang paling banyak ditemui,dimana informasi dan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit dianggapmasih belum cukup, bahkan mengecewakan pasien. berdasarkan data dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), 2011 menunjukan bahwa masih kurangnya tingkat kepuasan pasien di Indonesia terhadap pelayanan rumah sakit termasuk pelayanan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian informasi obat oral dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap bakung RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional, jumlah sampel 109 responden dengan teknik sampling secara accidental sampling dan dianalisis menggunakan uji statistik kendal tau. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa pemberian informasi obat oral yang disampaikan perawat dalam kategori baik yaitu 95 (87,2%) responden dengan tingkat kepuasan sebagian besar menyatakan sangat puas yaitu sebanyak 56 (51,4%). Hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemberian informasi obat oral dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap bakung RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta.


Kata Kunci: Pemberian Informasi Obat Oral, Kepuasan Pasien.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Asmadi. Konsep Keperawatan Dasar. Jakarta: EGC; 2008.

Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional,. 3rd ed. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

YLKI. Mengadukan layanan kesehatan. 2011;

Sumarni. Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. J Ners dan Kebidanan Indones. 2017;5(2):91–9.

Putri IR. Pengaruh Lama Pemasangan Infus dengan Kejadian Flebitis pada Pasien Rawat Inap di Bangsal Penyakit Dalam dan Syaraf Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. J Ners dan Kebidanan Indones. 2016;4(2):90–4.

Rizky W, Supriyatiningsih S. Surveillance Kejadian Phlebitis pada Pemasangan Kateter Intravena pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ar. Bunda Prabumulih. J Ners dan Kebidanan Indones. 2016;2(1):42–9.

Dermawan, Deden. Farmakologi Untuk Keperawatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2015.

Fatimah FS. Gambaran Penerapan Prinsip Benar Pemberian Obat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. J Ners dan Kebidanan Indones. 2016;4(2):79.

Fatimah FS, Rosa EM. Efektivitas Pelatihan Patient Safety ; Komunikasi S-BAR pada Perawat dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II Effectiveness Patient Safety Training ; SBAR Communication in Nursing to Reduce of Er. Ef Pelatih Patient Saf ; Komun S-BAR pada Perawat dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II Eff Patient Saf Train ; SBAR Commun Nurs to Reduce Er. 2014;2(1):32–41.

Potter PA, Perry AG. Fundamentals of Nursing, Fundamental Keperawatan. 7th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Hidayat AAA. Metode penelitian keperawatan dan teknik analisis data. 1st ed. Jakarta: Medika Salemba; 2007.

Dahlan MS. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. 5th ed. Aklia S, editor. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Prastinika. Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Kesehatan Di Tempat Praktek Dokter Swasta Di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Yogyakarta: FIK UII; 2007.

Siti M. Hubungan Komunikasi Terapiutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Pringgodani RSU Rajawali Citra Bantul Yogyakarta. 2015;

Fatimah F, Kaidati M, BI Yulitasari -. Relationship Characteristics of Respondents between Implementation of Patient Safety at Clinic Pratama Kasihan Bantul Yogyakarta 2017. ICHAA. 2018;159.

Lestari W, SUnarto S, Kuntari T. Analisa faktor penentu tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. JKKI J Kedokt dan Kesehat Indones. 2009;1(1):21–37.

Gunardi. Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien di Poli Bedah RSUD Saras Husada Purworejo. Yogyakarta: Stikes Alma Ata; 2013.

Anggraini AN, Fatimah FS. Evaluasi Penerapan Patient Safety dalam Pemberian Obat di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan II Kabupaten Bantul Yogyakarta. J Ners dan Kebidanan Indones. 2015;3(3):162–8.

Anggraini A, Fatimah F. Evaluation of Patient Safety Aplication at First Level Clinic In Bantul. ICHAA. 2018;165.

Maude P. Patients’s Satisfaction with Nursing Communication (Therapeutic Communication) on Adult Medical Surgical Wards at Prof. DR. Margono Soekarjo Hospital of Purwokerto, Central Java, Indonesia. J Keperawatan Soedirman. 2006;1(1):32–42.

Irawan, Aprianto G. Hubungan Antara Komunikasi Perawat dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Irna Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. 2015; Available from: http://sn.fdi.or.id/wpcontent/uploads/2 015/11/Kesehatan-2-Irawan-207 219.pdf. 2015.

Sosilowati H, Dkk. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daya Makassar. 2012;


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.