Hubungan Implementasi IPSG (International Patien Savety Goals) dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kasihan I Bantul

Anggi Napida Anggraini, Choirul Anwar, Brune Indah Yulitasari

Abstract


ABSTRACK

Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Sampai saat ini masalah keselamatan pasien Rumah Sakit masih menjadi masalah global, Joint Commission International (JCI) & World Health Organitation, menurut WHO dalam Ismiyati 2013, menyatakan bahwa kejadian infeksi nosocomial di rumah sakit mencapai 9% (variasi 3-21%) atau lebih dari 1,4 juta pasien rawat inap seluruh rumah sakit di dunia. Angka yang terbilang cukup tinggi untuk kejadian dalam penerapan patient safety. Mengetahui hubungan implementasi IPSG (International Patien Savety Goals)dengan kepuasan Pasien di Puskesmas Kasihan I Bantul. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian Cross-sectional. Pengambilan sampel mengunakan accidental sampling untuk kepuasan pasien dan purposive sampling untuk tenaga kesehatan. Instrumen penelitian mengunakan kuesioner dan ceklis observasi. Metode analisis yang digunakan adalah Chi Square. Hasil uji statistik menunjukan ada hubungan antara Implementasi IPSG dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value 0,004 (0,005).

 

Kata Kunci: IPSG, international, Patient, Savety, kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Ismiyati R. Hubungan pengetahuan perawat tentang patient safety dengan perilaku perawat dalam pencegahan kejadian Plebitis di Ruang rawat inap Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. 2015;

DepKes RI. Panduan nasional keselamatan pasien rumah sakit (patient safety). Depkes RI Jakarta. 2008;

Anggraini AN, Fatimah FS. Evaluasi Penerapan Patient Safety dalam Pemberian Obat di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan II Kabupaten Bantul Yogyakarta. J Ners dan Kebidanan Indones. 2015;3(3):162–8.

Departemen Kesehatan RI. Panduan nasional keselamatan pasien rumah sakit (Patient Safety). Jakarta Depkes RI. 2008;

Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. 3rd ed. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Hafid MA. Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan Di RSUD Syech Yusuf Kab. Gowa. J Kesehat. 2014;7(2).

Hidayat AAA. Metode penelitian keperawatan dan teknik analisis data. 1st ed. Jakarta: Medika Salemba; 2007.

Fatimah FS, Rosa EM. Efektivitas Pelatihan Patient Safety ; Komunikasi S-BAR pada Perawat dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II Effectiveness Patient Safety Training ; SBAR Communication in Nursing to Reduce of Er. Ef Pelatih Patient Saf ; Komun S-BAR pada Perawat dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II Eff Patient Saf Train ; SBAR Commun Nurs to Reduce Er. 2014;2(1):32–41.

Fatimah FS. Gambaran Penerapan Prinsip Benar Pemberian Obat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. J Ners dan Kebidanan Indones. 2016;4(2):79.

Lombogia A, Julia R, Karundeng M. Hubungan Perilaku Dengan Kemampuan Perawat Dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Di Ruang Akut Instalasi Gawat Darurat Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. J KEPERAWATAN. 2016;4(2).

Umaternate T, Kumaat L, Mulyadi N. Hubungan Pelaksanaan Identifikasi Pasien Secara Benar Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Dadurat (Igd) Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. J KEPERAWATAN. 2015;3(2).

Liestriana D, Rejeki S, Wuryanto E. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Pasca Operasi Rawat Inap Di Rsud Kajen Kabupaten Pekalongan. FIKkeS. 2012;5(1).

Isnaini NM. Pengalaman Perawat pelaksana dalam Menerapkan Keselamatan Pasien. J Manag Keperawatan. 2014;2(1).

Lombogia A, Rottie J, Karundeng M. Hubungan Perilaku dengan Kemampuan Perawatn dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien (Patient safety) di Ruang Akut Instalasi Gawat Darurat RSUP PROF. DR. R. D. Kandou Manado. 2016;4(2). Available from: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/12916/12503

Satrianegara F, Saleha S. Organization dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Sumarni. Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. J Ners dan Kebidanan Indones. 2017;5(2):91–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2018.1(1).28-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Hospital Administration



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats